×
PENCARIAN
MahasiswaKeren.com
Tempat Aman untuk Menjelajahi
 Pertanyaan Tentang Hidup dan Tuhan
Pertanyaan Tentang Hidup

Menghadapi hal luar biasa yang tak dapat dihindari

Sebuah kisah mengenai menghadapi kematian dan mengetahui kehidupan setelah kematian

WhatsApp Share Facebook Share Twitter Share Share by Email More PDF

Oleh: Brandon Markette

Jika ada suatu pengalaman yang terjadi sepanjang sejarah dan di seluruh dunia yang mengikat manusia bersama-sama, pengalaman itu adalah kematian. Kematian adalah sesuatu yang harus dihadapi oleh kita semua--tidak ada latihan, aturan diet, teknik meditasi, uang yang banyak juga dapat menghindarkan kita dari kematian.

Untuk kebanyakan orang akhir hidup adalah kematian ditambah dengan ketidakpastian akan adanya kehidupan setelah kematian menghasilkan ketakutan. Kita dapat melihat hal yang ada disekitar kita ini ketika kita mencoba dengan gigih untuk menghentikan proses penuaan. Kita berharap bahwa pil/obat yang selanjutnya, pembedahan yang selanjutnya, atau penemuan genetis yang selanjutnya akan menjadi kunci untuk memperpanjang kehidupan kita.

Menghadapi kematian dengan damai....kehidupan setelah kematian.

Bagaimanapun, tidak semua orang menghadapi kematian dengan ketakutan dan ketidakpastian. Beberapa tahun yang lalu, seorang teman saya menghadapi musuh tanpa wajah ini. Pada umur 16 tahun, dia didiagnosa mengidap penyakit kanker perut. Dokter-dokter berusaha penuh mencoba segala macam perawatan, tetapi semua tidak ada gunanya. Dalam satu setengah tahun, di dua kota yang berbeda dan di tiga rumah sakit yang berbeda pula, Rob dirawat. Pada waktu itu, berat badannya berkurang 90 pon dan dia juga kehilangan seluruh rambutnya. Sayangnya, setelah 18 bulan, tidak ada yang dapat dilakukan untuknya.

Setelah putus asa mengobati Rob, dokter-dokter Rob melakukan hal terakhir yang dapat dilakukan oleh mereka, mereka mengirimkan Rob kembali kerumah untuk menikmati hari-hari terakhir dalam kehidupannya. Pada saat itu, aku benar-benar sedih karena takut kehilangan sahabat baikku dan aku marah kepada Tuhan. Aku marah kepada Tuhan karena Dia tidak menyembuhkan Rob. Aku juga marah karena Rob akan kehilangan banyak hal.

Berurusan dengan kematian...

Luar biasanya, Rob tidak marah. Kenyataannya, dia menghadapi takdir yang mengerikan ini dengan kegugupan yang mungkin pernah dirasakan orang pada kencan pertama. Sampai hari ini, ketika aku melihat kedamaiannya di dalam permasalahanku, aku terpesona.

Kedamaian yang dirasakannya bukan hanya didapat dari lahir. Bukan juga kedamaian itu terpancar dari sikapnya yang perhatian. Sebaliknya, kedamaian itu datang dari keputusan yang Rob buat berbulan-bulan sebelum diagnosa awal. Dengan keputusan itu, Rob menemukan kedamaian didalam Tuhan.

Rob mengetahui bagaimana memiliki hidup setelah kematian.

Kedamaian yang Rob dapatkan ditemukan di kitab suci. Dalam kitab Roma, dia membaca bahwa "semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah"1. Dia juga membaca, "Upah dosa ialah maut, tetapi pemberian Tuhan adalah hidup yang kekal didalam Kristus Yesus.2

Yesus adalah satu-satunya Mesias yang nabi Yesaya maksudkan ketika dia menulis " Dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai3. Raja Damai datang ke bumi sehingga setiap orang dapat memiliki kedamaian bersama Tuhan. Rob memutuskan untuk mempercayai Yesus, dan kedamaiannya menjadi sangat nyata.

Kehidupan setelah kematian....keputusan kita

Rob bukanlah satu-satunya orang yang perlu membuat keputusan ini, kita semua perlu. Kita harus memutuskan apakah kita mau menerima pemberian Tuhan yaitu hidup yang kekal. Jika kita menolak pemberian Tuhan, kita dihukum untuk mendapatkan kematian rohani--terpisah selamanya dari Tuhan. Jika kita menerimanya, bagaimanapun, kehidupan kekal menjadi milik kita.

Kehidupan kekal ini bukan berarti bahwa kita bisa lolos dari kematian jasmani, tetapi kita bisa lebih tenang menghadapi kematian karena kematian mengarahkan kita kepada kehidupan kekal. Inilah kebenaran yang Rob temukan, dan hubungan yang bertumbuh bersama Tuhan membuat segalanya berbeda di dunia ini. Inilah kebenaran yang saya temukan, dan hubungan bersama Tuhan membuat setiap hari dalam hidupku menjadi berbeda.

Jika saudara menghadapi kematian, dan bertanya-tanya tentang kehidupan setelah kematian, atau mungkin saudara menghadapi permasalahan dalam kehidupanmu, saudara masih bisa mendapatkan kedamaian dan harapan. Silahkan lihat: Mengenal Tuhan secara pribadi.

 Bagaimana memulai sebuah hubungan dengan Tuhan
 Saya ada pertanyaan…

Catatan kaki: (1) Roma 3:23 (2) Roma 6:23 (3) Yesaya 9:5


BAGIKAN DENGAN YANG LAIN
WhatsApp Share Facebook Share Twitter Share Share by Email More


Facebook
Facebook